Penentuan harga dari suatu produk akan sangat mempengaruhi
dari keberhasilan suatu perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang akan
didapatkan oleh suatu perusahaan. Penentapan dari suatu produk, akan sangant
dipengaruhi dari seberapa besar pengorbanan yang telah dilakukan dalam
memproduksi produk itu sendiri. Semakin besar pengorbanan yang dilakukan maka
akan semakin besar dan tinggi harga yang dibandrol dari produk itu sendiri. Ada beberapa
strategi yang digunakan dalam menentukan Harga PS Rent ini. Diantaranya
sebagai berikut:
1. Skimming pasar
(market skimming)
Dalam skimming pasar, produk baru pada
awalnya ditawarkan dengan harga premium. Tujuannya adalah untuk menutup biaya
investasi secepatnya. Strategi ini sesuai jika: pertama, merek merek baru
mempunyai kelebihan atau keunggulan dibanding merek-merek yang pernah ada.
Kedua, merek tersebut dilindungi oleh hak paten. Ketiga, pasar berifat
inelastis. Dalam Ps Rent ini saya menerapkan strategi ini karena perusahaan ini
baru didirikan sehingga membutuhkan dana untuk menutupi kekurangan dana yang
telah digunakan.
2. Penentuan harga
penetrasi
Penentuan harga produk baru yang
relatif murah dengan tujuan memperluas pangsa pasar. Pendekatan ini sesuai jika
pasar bersifat elastis. Karena usaha ini baru didirikan maka strategi awalnya
dengan menggunakan strategi penetrasi pasar. Dengan strategi ini diharapkan
dapat menarik para konsumen labih banyak karena dengan harga yang murah tapi
sesuai dengan kualitas dan kepuasan para konsumen.
3. Penentuan Harga
Prestis dan Ekonomis (prestige and economy pricing)
Penentuan harga prestis adalah strategi
menaikkan harga jasa di atas harga rata-rata dan penentuan harga ekonomi adalah
strategi menurunkan harga jasa di bawa harga rata-rata. Pada saat hari libur
kami tidak akan menaikkan harga sewa kami malah menurunkan harga. Mengapa
demikian ini dikarenakan hari-hari libur biasanya konsumen akan berlibur atau
pulang kerumahnya.oleh kareana itu harganya akan kami turunkan dengan harapan
akan banyak konsumen mau Menyewa dan bermain Ps.
4. Penentuan harga majemuk (multiple
pricing)
Penentuan harga ini merupakan diskon
kuantitas. Harga yang lebih murah dikenakan jika kuantitas produk atau jasa
yang dibeli semakin banyak. Biasanya ditemukan pada toko-toko ritel. Pada usaha
ini akan memberikan diskon berupa bonus 1 hari jika menyewa ps lebih dari
3 hari untuk sewa Ps antar jemput sedangkan jika pelanggan main di tempat, kami
akan memberikan bonus 1 jam jika pelanggan bermain lebih dari 5 jam.
Sedangkan menurut (Adrian payne Metode) penentuan harga harus dimulai
dengan pertimbangan atas tujuan penentuan harga itu sendiri. Adapun
tujuan-tujuan tersebut:
1. Bertahan
Bertahan
merupakan usaha untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang meningkatkan laba
ketika perusahaan sedang mengalami kondisi pasar yang tidak menguntungkan.
Usaha ini dilakukan demi kelangsungan hidup perusahaan.
2. Memaksimalkan laba
Penentuan
harga ditujukan untuk memaksimalkan laba dalam periode tertentu.
3. Memaksimalkan penjualan
Penentuan
harga bertujuan untuk membangun pangsa pasar dengan melakukan penjualan pada
harga awal yang merugikan.
4. Gengsi/prestos
Tujuan
penentuan harga di sini adalah untuk memosisikan jasa perusahaan tersebut
sebagai jasa yang eksklusif.
5. Pengembalian atas investasi
Tujuan
penentuan harga didasarkan atas pencapaian pengembalian atas investasi (ROI)
yang diinginkan.
Dari kelima tujuan diatas, berdasarkan analisis yang saya
lakukan maka tujuan yang saya canangkan adalah adalah jatuh pada point tiga
(memaksimalkan penjualan). dikarena positioning brannd yang saya kedepankan dibenak
konsumen, artinya dengan memberikan pelayanan yang terbaik dari situ maka pangsa pasar akan
semakin berkembang semakin ekspansif dan besar, melihat kepuasaan yang didapat
oleh pelanggan sangat berpotensi untuk adanya rekomendasi kepada pelanggan baru
baik dari kerabat, teman, maupun keluarganya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar